• School News

    Thursday, October 1, 2020

    Diseminasi Best Practice Kepala Sekolah 1 Oktober 2020

     

    Diseminasi Best Practice Kepala Sekolah
    Dengan Judul Strategi " SISI PLANET " Ditengah Pandemi covid-19
    Oleh
    Amelia Nova,S.Pd

    Dalam konsep organisasi, pemimpin adalah penentu utama keberhasilan dalam mencapai tujuan. Begitu juga pada dunia kependidikan. Berbicara kepemimpinan organisasi sekolah, kepala sekolah merupakan seseorang yang berada di garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa. Kepala sekolah merupakan ujung tombak dalam keberhasilan maju atau tidaknya suatu satuan pendidikan yang ia pimpin. Kepala sekolah memikul tanggung jawab terhadap kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah serta warga sekolahnya. Rasa aman dan nyaman ini harus dirasakan oleh guru, siswa dan orang tua.

                Maju atau tidaknya satuan pendidikan, bergantung pada kepala sekolah. Di pundak kepala sekolah, kenyamanan dan ketertiban lingkungan sekolah akan terjaga. Di tangan kepala sekolah, birokrasi dan adminstrasi sekolah akan tertata. Di pundak mereka, komunikasi sekolah dan orangtua akan tercipta. Di pundak kepala sekolah pula, guru dan siswa akan merasa terbina. Oleh karenanya, kepala sekolah harus berada di barisan terdepan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.


    Salah satu strategi yang dapat dilakukan oleh  kepala sekolah untuk menghadapi situasi pendidikan di tengah pandemi Covid-19, yakni dengan menerapkan strategi SISI PLANET. SISI PLANET merupakan akronim dari koordinasi dan diskusi dengan guru , mengidentifikasi kemampuan guru dalam penguasaan TIK, memberikan pelatihan bagi guru dalam menggunakan platform pembelajaran daring, serta menyediakan kuota internet/wifi.    

    Berdasarkan rumusan masalah tersebut, tujuan penulisan best practice ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh kepala sekolah  untuk menghadapi situasi pandemi covid-19 melalui strategi SISI PLANET di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo.Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan dari 3 sekolah masing masing sekolah menugaskan 5 orang guru diantaranya dari SMP AL-Khairiyah,Mts Al-Ihsan dan SMP Negeri 41 Kabupaten Tebo.Serta dihadiri oleh Pengawas dan Korwas Kabupaten.Berikut Kelas Kegiatan best practice dilink youtube .https://www.youtube.com/watch?v=fCfzMkBWORs


     

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Diseminasi Best Practice Kepala Sekolah 1 Oktober 2020 Rating: 5 Reviewed By: SMPN01KABUPATENTEBO
    Scroll to Top