• School News

    Saturday, July 10, 2021

    SOSIALISASI DALAM MENYAMBUT PEMBELAJARAN TA. 2021/2022

     

    SOSIALISASI  DALAM MENYAMBUT PEMBELAJARAN DENGAN POLA

    PERTEMUAN  TATAP MUKA TERBATAS DAN PENERAPAN  PROTOKOL KESEHATAN  YANG KETAT

     DI SMP NEGERI 01 KABUPATEN TEBO

    TAHUN AJARAN 2021/2022

     

                Pembelajaran dengan pola Pertemuan Tata Muka (PTM) terbatas akan segera dimulai tahun ajaran 2021-2022 di SMP Negeri  01 Kabupaten Tebo. Pada prinsipnya  PTM terbatas tetap akan mengacu pada keselamatan dan kesehatan peserta didik. Dalam pelaksanan PTM pada tahun ajaran 2021/2022 tetap mengacu pada payung hukum berikut :

    1.      Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

    2.      Undang –UndangNomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

    3.      Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2007 tentang Perubahan atas Peraturan pemerintah Nomor 74  tahun 2008 tentang Guru.

    4.     Peraturan Pemerintah No  21 tahun 2020 Pembatasan sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Pencegahan  Corona Virus Disease 2019 (COVID 19)

    5.      Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Nomor 33 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Program Satuan Pendidikan Aman bencana

    6.    Surat Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama,, Menteri Kesehatan,dan Menteri dalam Negeri Republik Indonesia, Nomor 03/KB/2021 Nomor 384 tahun 2021, Nomor Hk.01.08/MENKES/4242/2021 dan nomor 440 tahun 2021 tentang Panduan penyelenggaraan Pembelajaran  Di Masa pendemi Corona Virus Disease (COVID 19 ).

     

    Berpedoman pada payung hukum diatas ,bagaimanapun pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo, kesehatan dan keselamatan warga satuan pendidikan SMPN 01 Kabupaten Tebo merupakan prioritas utama yang wajib dipertimbangkan dalam menetapkan kebijakan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19. Karena menurut SK 4 menteri  yang ditetapkan pada tanggal 30 maret 2021 terdapat 3 poin penting yang dipertimbangkan dalam penyelenggaraan pembelajaran dimasa COVID-19, yaitu 1) Kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan merupakan prioritas utama, 2) satuan pendidikan telah melakukan vaksinasi dan 3 ) penerapan protokol kesehatan yang ketat disatuan pendidikan.

    Untuk mensosialisasikan poin –poin yang digaris bawahi pada SK 4 menteri tersebut, terutama kesehatan dan keselamatan semua warga satuan pendidikan dan penerapan protokol kesehatan yang ketat disatuan pendidikan ,kamis pada tanggal 8 Juli 2021 bertempat di aula SMP Negeri 01 kabupaten Tebo diadakan pertemuan orang tua peserta didik baru dengan agenda  sosialisasi persiapan peserta didik baru memasuki tahun ajaran baru 2021-2022 di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo. Dalam sosialisasi ini dijelaskan bahwa penyelenggaraan pembelajaran dimasa pandemic Covid-19 ini penerapannya dilakukan pertemuan tatap muka terbatas. Dalam PTM terbatas dilaksanakan dengan pemberlakuan serangkaian protokol kesehatan yang ketat. Sehingga peserta didik baru tahun ajaran 2021-2022  betul –betul mematuhi aturan dan tata tertib yang berlaku di SMP Negeri 01 Kabuaten Tebo.

    Pada Kesempatan ini kepala sekolah ibu Amelia Nova ,S.Pd diwakili oleh wakil kurikulum Bapak Zulfikar,S.Pd.I menjalin komunikasi yang efektif serta mengajak  orang tua peserta didik baru untuk berperan dalam menyambut pembelajaran dengan pola tatap muka terbatas dalam artian orang tua peserta didik benar benar mendampingi anaknya selama belajar dirumah, terutama di masa pandemic COVID-19 ini. Dan Peran orang tua sangat dibutuhkan sekali dalam menjalankan Protokol kesehatan yang ketat, orang tua sebisa mungkin mempersiapkan anaknya untuk seringkali mencuci tangan, memakai masker dan menyiapkan bekal dari rumah.

    Pertemuan  orang tua siswa peserta didik baru dengan satuan pendidikan tetap dilakukan dengan mengacu pada protokol kesehatan yang ketat dan sesuai dengan arahan pengawas binaan.

     







     

     

     


     

               

     


     


     


     

     

    Suasana pertemuan orang tua peserta didik baru dengan satuan pendidikan  yang diwakili oleh wakil Kurikulum dan Komite sekolah. Semoga pertemuan tersebut memberi konstribusi yang positif dalam rangka meningkatkan pembelajaran disekolah pada masa pandemic COVID-19. Dukungan dari orang tua peserta didik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran yang dilakukan dengan pola pertemuan tatap muka (PTM) terbatas dan penerapan protokol kesehatan secara ketat. Hal ini bermuara demi tercapainya kualitas pembelajaran yang lebih baik di SMP Negeri 01 Kabupaten Tebo.                                                                                                                                                     Penulis. Murni, S.Pd                                                            

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: SOSIALISASI DALAM MENYAMBUT PEMBELAJARAN TA. 2021/2022 Rating: 5 Reviewed By: SMPN01KABUPATENTEBO
    Scroll to Top