• School News

    Wednesday, October 13, 2021

    KEGIATAN AKM JENJANG SMP/MTs DI SMP NEGERI 01 TEBO

         Merdeka belajar adalah kebijakan besar dalam rangka mewujudkan transformasi pengelolaan pendidikan di Indonesia seperti yang di katakan Menteri pendidikan Nadiem Anwar Makarim, BA, MBA,  Salah satunya dengan menghapus Ujian Nasional (UN) diganti Asesmen Kompetensi. Asesmen nasional sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar. Diterapkannya kebijakan ini merupakan penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan dan peningkatan sistem evaluasi pendidikan. Tujuan utamanya mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

        AKM memiliki tujuan yakni mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid. Instrumen ini dirancang untuk menghasilkan informasi yang memicu perbaikan kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya dapat meningkatkan hasil belajar murid.

        Kegiatan dilaksanakan dimulai dari hari Senin – Kamis, tanggal 4 – 7 Oktober 2021. pukul 07.30 s.d 16.30 WIB. Jenis asesmen : 1. Latihan (10 menit) 2. Literasi Membaca (90 menit) 3. Survei Karakter (30 menit). Hari senin dan selasa jadwal SMP Negeri 01 Tebo, sedangkan rabu dan kamis jadwal SMP Negeri 24 Tebo dan SMP Negeri 28 Tebo.

        Syarat peserta didik yang melaksanakan AKM yaitu: 1. Peserta didik yang terdaftar dalam pangkalan Dapodik atau EMIS yang memiliki Nomor Induk Sekolah Nasional (NISN) valid. 2. Peserta didik masih aktif belajar pada satuan pendidikan: jenjang SMP/MTs/Paket B/Wustha dan yang sederajat kelas 8 pada saat pelaksanaan AN; 3. Peserta didik pada jenjang SMP/MTs/Paket B/Wustha sederajat yang memiliki laporan penilaian hasil belajar semester ganjil dan genap kelas 7. 4. Peserta didik yang mengikuti AN adalah peserta didik yang terpilih secara acak (random) di setiap satuan pendidikan dengan metode yang ditetapkan oleh Kementerian. 5. Jumlah Jenjang SMP/MTs dan yang sederajat maksimal 45 orang dan cadangan 5 orang. Kegiatan terlaksana dengan baik, sesuai dengan apa yang diharapkan.






    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Post a Comment

    Item Reviewed: KEGIATAN AKM JENJANG SMP/MTs DI SMP NEGERI 01 TEBO Rating: 5 Reviewed By: SMPN01KABUPATENTEBO
    Scroll to Top